Jul 14, 2013

Kabanasa Mahkluk Halus yang bisa dipelihara

Kabanasa

Kabanasa roh halus yg dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat Minahasa ditakuti karena di anggap setan atau hantu yg mengganggu atau pembawa petaka. Karena Kabanasa yang belum "jinak" cenderung menculik warga desa dari remaja sampai pria dewasa (pada umumnya laki-laki yang diculik). Namun ada banyak juga yg percaya Kabanasa adalah spirit yg dapat membantu dalam mencapai kesuksesan hidup, sahabat, pendamping hidup, pengetahuan, umur panjang dan pelindung.

Tidak jelas wujud Kabanasa seperti apa dan apa itu Kabanasa tapi banyak yg menyamakan Kabanasa dengan Anjing Merah yg bisa terbang atau ada yg menyebut Rubah terbang. Masyarakat bantik terkadang menyebut Kohotei yg menurut legenda Anjing merah piaraan Kombangen yg membantu membunuh musuhnya bajak laut Mamambenteng Lraodo dengan cara menggigit kemaluan Mamambenteng Lraodo.

Kabanasa sering disamakan dengan Rubah terbang yang menggangu dan menculik warga desa dari remaja sampai pria dewasa (pada umumnya laki-laki yang diculik). Cerita ini mirip sekali cerita tentang Setan Rubah di berbagai cerita rakyat asia pada umumnya makhluk super bijak dan serba tahu karena umurnya yg sudah tua. Dipercaya jika Kabanasa diberikan sejenis tanaman alang-alang yang tumbuh di dekat air, daun yang lebar, atau tengkorak maka dia bisa berubah wujud menjadi manusia biasanya menjadi wanita yg cantik.

Beberapa praktisi Supranatural juga ada yg memakai Kabanasa untuk hal buruk seperti menyerang musuh dia sehingga sakit, mencuri uang dari rumah tetangga, balik mata menipu penglihatan orang yang menerima pembayaran dengan sihir. Emas, uang, atau batu permata yang diterima sebenarnya hanya kertas bekas, daun-daunan, cabang dan ranting, batu, atau benda-benda sejenis. Membuat orang kerasukan. membuat halusinasi, merasa terbakar, bengong, gelisah, menghindari tatapan mata orang lain atau kematian. 

Dalam cerita dari mulut kemulut anak-anak kecil di Minahasa di ajarkan cara untuk memanggil atau berkomunikasi dengan Kabanasa: 
- Cara memanggilnya dengan tempurung kelapa dan sebatang kayu lalu di ketukan berulang kali dan di lakukan di area kuburan sepi atau hutan, bila terasa hawa yang sangat dingin,tengoklah ke atas akan terlihat mahluk besar dan bersayap yg berwarna hitam, putih, merah dan bermata merah menyala.
- Cara menangkalnya siapkan kayu "belo" kemudian pukul mahluk itu menggunakan kayu belo dia akan pergi meninggalkan anda. Jika anda mujur anda bisa mendapat seperti batu mutiara yg biasa di bawa-bawa dia akan terjatuh.


0 comments:

Post a Comment