Jan 27, 2012

Waruga Toar Lummimuut Palamba


Waruga Toar Lummimuut ini terletak di lereng gunung Desa Palamba merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Langowan Selatan, Kabupaten Minahasa, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Warga di sana terkenal dengan hasil cengkeh, anda akan melihat di sepanjang perjalanan Desa. Dari kota Manado kira-kira membutuhkan waktu 2 jam perjalanan jika menggunakan mobil pribadi, dalam perjalanan anda akan melihat pemandangan sawah yg indah dan luas sayang terakhir saya pergi pada tahun 2012 jalan ke arah Waruga sangat rusak.

Anda akan melewati makan Dotu Sigar pemimpin perang dari Langowan yg banyak menangkap para pahlawan yg di anggap pemberontak oleh VOC, tidak ada salahnya anda mampir terlebih dahulu. Dotu Sigar sangat terkenal dengan ketegasan memimpin dan kesaktiannya tidak heran waktu pada jamannya tidak ada orang Indonesia yg menang melawan VOC.

Di Waruga Toar Lummimuut ini tidak hanya ada waruga, yg lebih unik ada klenteng yg sesembahan utamanya Dewi Kwan Im. Kenapa bisa ada klenteng disini? Ternyata ada cerita tersendiri saat ritual di Waruga ini muncul secara gaib Arca Dewi Kwan Im yg berwarna putih bersih terbuat dari batu. Nah karena untuk menghargai sang Dewi maka di buatlah klenteng disini, tepatnya di samping Waruga dgn bangunan yg terpisah. Di Klenteng tersebut selain Dewi Kwan Im ada Ho Tek Ceng Sin (Dewa Bumi Cina), Kwang Kong (Kepala Suku Tonsawang), Sunggokong (Kera Sakti), Naga, dan Macan. Walaupun di situ warga sekitar tidak ada yg menyembah kepada Dewi Kwan Im tapi anehnya.... para warga Cina dari mana saja datang kesini bbrp dari mereka datang mengaku dapat petunjuk dari sang Dewi Kwan Im langsung.

Lalu apa sangkut paut Dewi Kwan Im dengan leluhur Minahasa Toar Lummimuut? ternyata beberapa warga cina pada jaman dahulu ada yg datang ke tanah Minahasa agama kepercayaan mereka menyembah kepada Dewi Kwan Im yg tertinggi. Lalu suku mereka ini yg dari Cina bercampur dengan Suku Minahasa lalu terjadilah perkawinan, jadi keturunan Minahasa tidak usah heran kalau putih-putih seperti Cina, tapi tidak semua keturunan bermata sipit :) . Dan mereka tidak memakai bahasa Cina tapi memakai bahasa Minahasa dan dibawah Suku Minahasa.

Cerita ini saya dengar dari penjaga Waruga Toar Lummimuut Om Marthen Sumual. Marthen Sumual sekarang berumur sekitar 40an dia hidup secara sederhana dengan anak dan istrinya. Waruga ini di jaga secara turun temurun dan anak yg mewarisi untuk menjaga waruga ini juga bukan yg sembarangan, tapi harus berdasarkan petunjuk Toar Lummimuut langsung. Dan yg mewarisi langsung mendapatkan karunia kekuatan dari Orang Tua. Marthen Sumual juga mendapatkan karunia Pakampetan dia bisa menyampaikan pesan dari orang tua anda bisa minta tolong kepada dia jika butuh bantuan.

Banyak sekali orang yg meminta bantuan ataupun restu dari orang tua supaya menang dalam pilkada, meminta kesembuhan karena sakit tak kunjung sembuh, penjagaan diri supaya tidak bisa dilukai, dll

Sayang sekali Waruga Toar Lummimuut kurang terawat baik jalan akses menuju ke lokasi yg hancur dan juga bangunan. Mengapa seperti itu? karena warga Minahasa sendiri yg mayoritas Kristen menganggap tabu hal-hal yg di anggap mistik. Harusnya mereka sadar lihat ini sebagai kebudayaan sebagai jati diri bangsa seperti bangsa barat yg mayoritas Kristen tetap menjaga budaya, bahkan Vatikan negara yg semuanya Kristen ditengah kotanya berdiri menara Obelisk untuk menghargai leluhur, Inggris tetap merawat dan melestarikan Stonehenge. Kita sebagai keturunan Minahasa harusnya merawat, melestarikan, dan memperbagus karena tanpa leluhur kita Toar Lummimuut maka kita tidak ada. Jika ini diperbagus maka Minahasa akan dikenal Dunia sebagai bangsa yg besar.

Jika anda keturunan Minahasa wajib mengunjungi Waruga ini, jika tidak maka anda adalah anak Durhaka krn tidak pernah mengunjungi Orang Tua. Foto-foto lebih lengkap anda bisa melihat di facebook saya: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.334716293239112.81806.100001022335182&type=1&l=a64dd0fa02

13 comments:

Anonymous said...

saya mau kesana thx sekali atas infonya pak

Anonymous said...

saya tidAK SETUJU KALAU ANDA BILANG ADA ORANG CINA KAWIN CAMPUR DENGAN SUKU MINAHASA, SAYA ADALAH KETURUNAN LANGSUNG DARI LELUHUR TUA ORANG MINAHASA, AYAH DAN IBU SAYA TAU DENGAN JELAS DAN PASTI SEJARAH WARUGA DI SULAWESI... PUSAT KEBUDAYAAN ASLI MINAHASA DAN PALING KUNO DARI SEMUANYA ADALAH MINAWANUA YANG SEKARANG MENJADI TOLOUR DAN KEBUDAYAAN ORANG ASLI MINAHASA SAMPAI SEKARANG MASIH TERTUTUP DAN TERKUBUR DI GUNUNG2 YANG ADA DISEKITAR DANAU TONDANO... WARUGA YANG ADA DISAWANGAN DAN TEMPAT LAIN ITU TERMASUK WARUGA BARU... SEDanGKAN YANG LAMA ADA DI MINAWANUA... KALAU ANDA INGIN TAU SEJARAH MINAHASA YANG SEBENARNYA ANDA BISA DATANG LANGSUNG DAN BERCERITA DENGAN ORANG TUA SAYA YANG UMURNYA JAUH LEBIH TUA DARI ORANG YANG ANDA TEMUI... KARENA SEJARAH INI DIWARISKAN DARI KAKEKNYA IBU DAN AYAH SAYA SAMPAI KEPADA SAYA... ASAL MUASAL KOTA TONDANO, ARTI DARI NAMA2 KAMPUNG2 SAMPAI TARDISI ORANG MINAHASA YANG SANGAT KUNO DAN SAKRAL SEKALI... MULAI DARI TARI2AN SAMPAI ADAT ISTIADATNYA, ACARA2 SAKRAL SAMPAI PADA MAKSUD DAN PENGERTIANNYA... SAYA HARAP ANDA MENCARI INFORMASI KEPADA ORANG YANG DIWARISI SEJARAH SECARA BENAR TANPA ADA YANG DITAMBAH2 ATOPUN DIKURANGI KARENA ITU BISA MEMICU KEMARAHAN ORANG YANG TAU AKAN KEBENARANNYA!! TAPI TIDAK DAPAT MENYATAKAN SECARA LANGSUNG DI DEPAN UMUM KARENA SEJARAH MINAHASA SANGAT SAKRAL UNTUK DICERITAKAN DAN ADA ALASAN SERTA PENYEBABNYA KENAPA ORANG YANG TAU SEJARAH SEBENARNYA TIDAK MUNCUL KEPERMUKAAN... SELAIN UNTUK MENJAGA AGAR TIDAK DIJAMAH OLEH TANGAN YANG BUKAN ORANG MINAHASA BERDARAH MURNI!! TERIMAKASIH INI FB SAYA (ullyses ezrael field)

Rykers said...

bisa add qt pe facebook, qt search ng pe facebook nda dapa, mungkin ng atur d privacy stouw

Anthonius Saroinsong said...

Mengapa kita tidak mau akui bahwa ada orang, anak atau cucu Toar Lumimuut, leluhur orang Minahasa telah kawin mawin dengan pendatang? Kenyataan ini dapat disaksikan setiap hari di mana-mana.Ketika orang Portugis,Spanyol, Belanda datang di bumi Toar-Lumimuut mereka telah meninggalkan tuus mereka bersama penduduk asli, sebelum mereka pulang ke tempat asalnya. Hal yang sama berlaku juga pada orang siau,bolmong,jawa, aceh, jepang, cina. Keturunan mereka adalah orang Minahasa karena darah Toar-Lumimuut mengalir dalam tubuh mereka. Kita tidak tahu apakah darah yang mengalir dalam tubuh kita adalah murni darah Minahasa atau percampuran dari darah suku atau bangsa lain.

Anthonius Saroinsong said...

Yang harus kita syukuri ialah jauh sebelum penduduk asli tahu menulis dan membaca mereka sudah mulai bertanya tentang dari mana asal mereka. Mereka sudah menjawab sendiri pertanyaan mereka. Mereka adalah keturunan dari Toar dan Lumimuut. Sama seperti Alkitab menuliskan Adam dan Hawa sebagai leluhur bangsa Isarel bahkan seluruh umat manusia, begitu juga orang Minahasa bangga mengatakan bahwa leluhur mereka adalah Toar dan Lumimuut. Segera akan terbit buku "Toar-Lumimuut" leluhur orang Minahasa.

Ahmad Rahmat (klan MAWEIKERE) said...

sejarah nyanda bisa diulang to ? jadi nyanda usah torang permasalahkan lagi ...........
" SITOU TIMOU TUMOU TOU "
lebe bae itu yang torang beking patokan for cari hidup en kehidupan

Anonymous said...

To: ullyses ezrael field
Kita orang minahasa asli mama keturunan minsel-tomohon, papa keturunan tondano tomohon mar kasiang kita lahir dijakarta besar di Jakarta mar sempat kita ba sekolah di tomohon Ada tinggal permanent disana 4 taon mar kita nda talalu mangarti kita pesejarah deng asal usul kita Ada hunting sejarah minahasa Dari 2 taon lalu mar tetap belum puas deng de pe penjelasan kalu memang angko tau bole mo jelaskan Pa kita ini kita pe email marvieljob@gmail.com kalu misalnya angko nda keberatan for mo berbagi, sap a tau tong bole batamang kong kalu kita pulkam bole ba pasiar makase sebelumnya

RYKERS said...

Saya tinggal di Jakarta kok bro :)

sundara rami reddy said...

I like youe post and thank's for your information very nice Visit More Info.
SAP APO Training in Hyderabad

venkat rao said...

Thanks so very much for taking your time to create this very useful and informative site. I have learned a lot from your site. Thanks! SAP APO Online Training

Srinu Srinu said...


thanks for sharing information,nice article
SAP REFX Online Training in hyderabad

benda bertuah said...

terima kasih nyimak untuk dijadikan pengetahuan dan menambah wawasan baru

Alex said...

Pernah dengar dari arkeolog di Balai Arkeologi di Manado, waruga-waruga tertua di Minahasa ada di Likupang Minahasa Utara.

Post a Comment